Kamis, 12 Mei 2011

coaching clinic futsal

Futsal adalah sepak bola yang dimainkan dalam ruangan. Pada awalnya futsal dimainkan di jalan-jalan oleh para kuli di Amerika Selatan. Futsal berasal dari kata Football dan Salla. Artinya adalah sepak bola yang dimainkan dalam ruangan.
Futsal di Indonesia mengalami perkembangan begitu pesat. Ditandai dengan pembenahan yang serius dalam Timnas Futssal Indonesia dan juga telah dimulainya liga-liga futsal profesional walaupun baru diikuti oleh jumlah tim yang relatif sedikit.
Futsal dimainkan oleh lima orang pemain, empat orang pemain dan satu orang kiper. Dipimpin oleh 2 orang wasit di sisi kanan dan kiri. Olahraga futsal lebih populer dibandingkan sepak bola karena faktor keterbatasan lahan yang ada di Indonesia. Saat ini belum ada juga suatu wadah persatuan futsal di Indonesia, karena futsal masih dalam rauang lingkup PSSI.
Teknik dasar futsal berbeda dengan sepak bola. Cara menahan bola di futsal dengan di injak oleh setengah tumit, teknik ini berguna agar bola tidak terpantul dan dapat mengakibatkan diintersep lawan. Cara mendrible bola lebih efektif dengan sol karen bola akan lebih terkontrol. Teknik shooting dan passing sama dengan sepak bola tetapi untuk passing di futsal lebih efektif dengan passing datar karena mengingat arena yang sempit.
Olahraga futsal sangat berpengaruh dalam penerapan strategi permainan karena dengan arena yang sempit dengan orang yang cukup banyaktidak mudah untuk hanya asal main. Strategi yang umum dipakai oleh pelatih futsal Indonesia saat ini yaitu 2-2, 1-2-1, dan juga ada yang menerapkan formasi 3-1. Formasi 2-2 dan 1-2-1 sangat banyak diterapkan pelatih-pelatih futsal di Indonesia. Formasi 2-2 yaitu dengan dua orang di depan dan dua orang di belakang. Formasi ini dengan menunggu setengah lapangan saat defense dan berada di tiga perempat lapangan saat menyerang. Rotasi formasi ini dengan cara rotasi antara pemain depan dan belakang setelah pemain belakang mengoper bola ke pemain belakang yang lain. Rotasi seperti ini sangat berguna memecah konsentrasi pertahanan lawan.
Formasi 1-2-1 dengan menggunakan satu orang pemain depan, dua orang pemain sayap di kiri dan di kanan, dan juga satu orang libero. Tugas seorang libero yaitu mengoper ke celah-celah yang telah dibuat oleh rekan lainnya. Formasi ini cenderung dipakai saat menyerang karena efektif untuk melakukan one two pass dan juga true pass langsung ke striker.Masih banyak lagi teknik olahraga futsal yang belum dibahas. Maka dari itu akan ada Futsal Coaching Clinic With Radof 2. Finally,Constant with Radof’s coaching clinic..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar